Assalamualaikum wr. wb.
Hai kawan, kali ini saya akan membahas pengujian dan troubleshooting pada jaringan, oke gak usah lama lagi
A. Pengertian
Troubleshooting adalah pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan
B. Latar Belakang
Banyaknya permasalahan dalam jaringan
C. Maksud dan Tujuan
Agar tahu istilah dan cara pengujian dan troubleshooting
D. Pembahasan
Kita harus mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting, dan juga mengumpulkan informasi seperti bertanya pada sebuah forum atau komunitas dan berbagi pengalaman dengan pengguna yang pernah terkena masalah yang sama
Dalam Troubleshooting terdapat beberapa pendekatan :
1. Top-down : pendekatan dari aplikasi dan berakhir di media jaringan
2. Divide and conquer : pendekatan dari network layer lalu ke media jaringan
3. Bottom-up : pendekatan dari physical ke aplikasi
4. Trial and error : pendekatan ke masalah tertentu karena orang yang menggunakan teknik ini sudah pernah menemui masalah
5. Subtitution : Troubleshooting dengan cara mengganti dengan modul yang baru
Mengatasi Masalah Jaringan
Menggunakan Panca Indra
1. Mata : melihat tanda tanda kerusakan seperti lampu yang rusak
2. Hidung : mencium apakah ada bau yang berbau kebakaran
3. Kulit : untuk menyentuh perangkat apakah masih layak atau tidak
4. Telinga : Mendengarkan suara mesin yang sedang berjalan
Menggunakan Software
- ipconfig : melihat ip dan sebagainya
- ping : digunakan untuk menguji konektivitas antar 2 perangkat
- netstat : berfungsi untuk mengecek protokol
- tracert : menyediakan informasi konektivitas jaringan tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
- nslookup : memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang nama tertentu dari dns server
Masalah Perkabelan
- Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar
- Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A dan T567B
- Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati
- Pastikan port yang benar sedang digunakan
- Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik
- Tidak semua standar wireless itu compatibel
- Setiap percakapan wireless harus terjadi pada channel terpisah dan tidak tumpang tindih
- Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak
- Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
- AP berbagi bandwith yang tersedia antar perangkat
- SSID harus sesuai AP client
- Client dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama
- Kunci enkripsi yang sama harus dikonfiurasi pada AP dan client
1. Periksa halaman status router
2. Periksa semua kondisi fisik dan lampu LED
3. Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya
Mungkinkah itu Firewall ??
1. Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP open dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke port itu
2. Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
Dimana saya mendapat bantuan ???
Mungkin perlu mendapatkan bantuan dari sumber luar seperti vendor atau ISP,
Menyelesaikan Masalah
1. ISP ataupun Vendor dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi
2. Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan
Tiket dan Tata Kerja
- Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakses pelanggan yang relevan informasi
- Informasi dipindahkan ke sebuat tiket masalah atau laporan kejadian
- Bila diperlukan panggilan di tempat, informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja
E. Hasil yang didapatkan
Bisa mengerti troubleshooting
F. Kesimpulan
teknik trouble shooting sangat berguna dalam mengatasi permasalahan dalam jaringan
Labels:
BLC Telkom Klaten,
Cisco
Thanks for reading Pengujian dan Penyelesaian Masalah (Training Cisco Hari 10). Please share...!
0 Comment for "Pengujian dan Penyelesaian Masalah (Training Cisco Hari 10)"