Muhammad Faizal Niam Mubarok || BLC Telkom Klaten

100% Bonus Referral

Memasang ISPCONFIG 3.1 Di Ubuntu 18.04 LTS

Halo bujank, kali ini saya akan menshare lagi cara memasang ISPCONFIG V3.1 di ubuntu 18.04 LTS, Nah kenapa saya pake Ubuntu server ?, Karna alasannya simple, saat menginstal ubuntu server pengintallan ubuntu server 18.04 lebih cepat dari debian dan untuk menginstall ControlPanel Biasanya harus clear server, so keadaan server harus baru dan belom ada service apapun yang anda pasang , kecuali ssh buat meremot entar woke

nah kali ini saya install server nya dulu, untuk menginstall ubuntu server kalian bisa cari di gugel "cara menginstall ubuntu server 18.04 LTS"
nah bila server anda sudah siap lakukan update upgrade dulu agar lebih cepar nanti dalam penginstallan nya
sudo apt update && apt upgrade
atau bisa juga
sudo -s
apt update && upgrade
setelah itu kita download installer ISPCONFIG nya
cd /tmp; wget --no-check-certificate -O installer.tgz "https://github.com/servisys/ispconfig_setup/tarball/master"; tar zxvf installer.tgz; cd *ispconfig* 
nah setelah kita download jangan lupa setting time zone nya untuk melihat time nya bisa dengan perintah
timedatectl
 disini timezoe masih belum di set , jadi kita set dulu ke timezone asia jakarta dengan perintah
timedatectl set-timezone Asia/Jakarta
dan kita lihat lagi timezone nya
timedatectl
nah setelah itu kita jalankan file install.sh dengan mode root
sudo ./install.sh

nah bila ip kalian para bujank sudah dikasih DNS bisa di set domain nya , dan jika belum bisa di no saja
dan Press y untuk install
untuk database saya pilih MariaDB , kalian bebas pilih terserah
web server saya pilih Apache saja
Untuk step ini saya pilih no saja karn ada warning bila di yes ioncube tidak bisa bekerja
dan saya pakai phpmyadmin biar mudah setting database nya
untuk mail saya pilih default saja
untuk antivirus yes saja dah
yes lagi 
disini saya standard instalasi saja 
untuk jailkit beberapa ada yang error bila di yes maka saya no saja
dan setelah ini ini data ssl untuk data itu kalian bisa isi sendiri saya skip langsung saja
dan tingga tungg sampai proses installasi selesai , kecepatan installasi tergantung spek dan koneksi internet, kalian bisa pergi bikin kopi dulu atau main cess bareng teman kalian dulu (kalo ada) :v

dan sedikit tips dari saya bila ada kesalaahan saat penginstallan atau error saat menginstall paket , tenag saja , cukup jalankan 
sudo apt-get update --fix-missing
dan coba jalanakan install.sh lagi, dan bila error lagi jalankan perintah di atas lagi sampai selesai

sesuai intruksi diatas nanti saat menginstall phpmyadmin pilih no saat setting dbconfig-common
dan setelah itu instalasi otomatis akan berjalan kembali
 nah bila ada error seperti ini kalian bisa edit file 05-node_di
 sudo nano /etc/amavis/conf.d/05-node_id
 nah hilangkan pagar di depan $myhostname yang saya kasih underline
 setelah itu coba install lagi amavisd nya
dan kalo sudah tidak error kalian jalankan lagi file install.sh nya
kalau sudah muncul gambar seperti diatas maka installasi sudah selesai dan bisa di aksses sesuai inturksi diatas

REFRENSI
https://www.howtoforge.com/tutorial/ubuntu-ispconfig-automated-install-script/

0 Comment for "Memasang ISPCONFIG 3.1 Di Ubuntu 18.04 LTS"

Back To Top